Kamis, 10 November 2011

Simpulan Secara Tidak Langsung ada 5 pola yaitu :


1.           1.    Silogisme Katagorial
Contoh :
-          Semua manusia pernah lupa
Manusia juga manusia
Jadi mahasiswa adalah pernah lupa
-          Unggas berkembang biak dengan bertelur
Ayam adalah unggas
Jadi ayam berkembang biak dengan bertelur
2.       Silogisme Hipotesis
Contoh :
-          Jika es dipanaskan es akan mencair
Es dipanaskan jadi es mencair
Jika es tidak dipanaskan es tidak mencair
Es tidak dipanaskan jadi es tidak mencair
-          Jika buah alpukat itu terus dibiarkan buah alpukat akan membusuk
Buah alpukat terus dibiarkan jadi buah alpukat busuk
Jika buah alpukat tidak terus dibiarkan buah alpukat tida akan membusuk
Buah alpukat tidak dibiarkan jadi buah alpukat tidak akan membusuk
3.        Silogisme Alternatif
Contoh :
-          Para turis suka berlibur ke Bali atau ke Jakarta
Para turis suka berlibur ke Bali
Jadi para turis tidak suka ke Jakarta
-          Dia seorang guru atau dokter
Dia seorang guru
Jadi dia bukan dokter
4.       Entimen
Contoh :
-          Semua dosen adalah orang pandai
Pak  Johan adalah seorang dosen
Jadi pak Johan adalah orang pandai
-          Semua pemimpin adalah orang yang disiplin
Guntur adalah seorang pemimpin
Jadi guntur adalah orang yang disiplin
5.        Rantai Deduksi
Contoh :
Semua buah srikaya manis rasanya
sekarang musim srikaya
Jadi banyak srikaya manis rasanya
Saya di beri papa srikaya
Papa memberi saya srikaya karena saya suka srikaya
Jika saya tidak suka srikaya papa tidak akan memberi saya srikaya
Saya tidak suka srikaya jadi papa tidak memberi saya srikaya
Itu buah srikaya atau sirsak
Itu buah srikaya
Jadi itu bukan buah sirsak
Semua srikaya asem rasanya
Sirsak bukan srikaya
Jadi sirsak asem rasanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar