Kamis, 06 Januari 2011

Solusi Blackberry Kena Air


Para UG’ers khususnya para pengguna BB pasti sangat takut bila BB nya tidak sengaja terkena air, karena pasti akan membuat kita mengeluarkan dana/biaya yang tidak sedikit untuk membetulkannya. Sebagai anak ekonomi saya sangat menerapkan prinsip ekonomi yakni mengeluarkan biaya serendah-rendahnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Nah bila bb kalian ada yang terkena air jangan langsung dibawa ketempat servis yah, coba aja dulu tips dari saya karna akan menghemat pengeluaran kita udh gitu caranya pun cukup ampuh loh.

So, berikut ini tips jitu menyelamatkan blackberry kalian jika terkena air, baik dalam keadaan ON maupun OFF?

-          Ingat! Jangan sekali-kali menyalakan blackberry (switch on) sesaat setelah blackberry terkena air, apalagi jika blackberry masih dalam keadaan basah kuyup.
-          Yang paling penting harus kalian lakukan pertama kali adalah lekas matikan blackberry bila masih dalam keadaan ON dengan melepas baterai dari slotnya. Ini dimaksudkan untuk menghindari korsleting atau hubungan arus pendek pada rangkaian blackberry tersebut.
-          Selanjutnya lepaskan baterai blackberry, SIM card, dan MMC dari tempatnya.
-          Selanjutnya keringkan blackberry yang basah dengan kain hingga benar-benar kering atau dapat dikeringkan didepan kipas angin dengan posisi berdiri atau miring. Jangan posisi tidur atau posisi blackberry tengkurap.
-          Perlu diingat jangan pernah sekali-kali mengeringkan blackberry dengan menggunakan hair dryer, panas lampu, microwave atau dijemur dibawah sinar matahari langsung. Panas yang berlebihab dapat berpotensi merusak ponsel blackberry kalian.
-          Letakkan blackberry diatas tumpukan beras. Sebab, beras memiliki afinitas kimiawi (gaya tarik) terhadap air. Artinya, molekul-molekul pada beras memiliki semacam gaya magnet pada molekul-molekul air, sehingga sisa-sisa air pada ponsel akan meresap kedalam beras. Sistem ini mungkin hampir sama dengan sistem yang dimiliki oleh bungkusan gel silika yang berfungsi untuk menjaga kelembaban suatu barang elektronika atau barang lainnya.
-          Bila kalian sama sekali awam masalah elektronik. Jangan pernah sekali-sekali mencoba membongkar perangkat blackberry. Salah-salah blackberry akan tambah rusak dan hancur.
-          Jika blackberry sudah benar-benar kering pasanglah kembali baterai dan cobalah hidupkan blackberry kalian. Namun jika blackberry kalian itu masih tetap tidak bisa menyala. Kalian harus menyerahkan pada ahlinya untuk direparasi, tapi setidknya kita sudah berusaha mencoba perbaikin sendiri kan.
SUMBER : majalah frontliner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar