Kamis, 06 Januari 2011

Membatasi Asupan Gula


Selama ini kita selalu menkonsumsi gula dalam makanan yang kita konsumsi. Wujud yang bukan berupa gula membuat kita terkadang lupa bahwa makanan atau minuman yang tengah kita konsumsi mengandung kadar gula yang tinggi. Gula memang diperlukan untuk meningkatkan energi,namun tidak ada kandungan lainnya yang diperlukan tubuh dan jika berlebih bisa membuat kegemukan. Selain bahaya kegemukan, masih banyak penyakit lain yang bisa ditimbulkan oleh konsumsi gula berlebih. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, kita harus berhati-hati agar tidak berlebihan.
Tips untuk membatasi asupan gula ke tubuh kita :
1.       Hindari produk kemasan
Makanan atau minuman dalam kemasan biasanya mengandung gula sebagai bahan pengawet. Selain itu makanan kemasan yang mengandung karbohidrat tinggi juga mengandung kadar gula yang tinggi. Jika ingin mengkonsumsi jus buah kemasan, bisa memilih yang tidak mengandung tambahan gula.
2.       Memperbanyak konsumsi air putih
Terkadang tubuh mengalami dehidrasi, namun kita tidak menyadarinya dan mengartikannya sebagai rasa lapar lalu mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat.
3.       Mengkonsumsi makanan tinggi protein
Protein akan diserap tubuh dalam waktu yang lebih lama, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama dan tidak mengandung kadar gula tinggi.
4.       Stop kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman manis
Banyak orang mengawali hari dengan secangkir teh manis dan makanan ringan seperti pisang goreng, baru kemudian dilanjutkan dengan sarapan yang lebih berat. Pola hidup seperti ini salah besar. Sarapan memang penting, namun penting juga menghilangkan kebiasaan untuk selalu mengkonsumsi makanan atau minuman manis.
5.       Mengurangi kebiasaan mengemil
Cemilan manis memang menyenangkan, dan biasanya kita tidak sadar bahwa kita telah mengkonsumsi cemilan dalam jumlah banyak. Hindari mengemil saat mengerjakan pekerjaan lain, karena saat itu kita tidak akan sadar jumlah cemilan yang masuk kemulut kita. Gantilah cemilan manis dengan cemilan sehat seperti buah dan sayur.

Saya tertarik menulis informasi ini karena di dalam keluarga ibu saya banyak sekali yang terjangkit penyakit diabetes, termasuk ibu saya sendiri, nenek saya, dan kakak ibu saya. Jadi ini adalah informasi yang cukup penting untuk UG’ers apalagi bagi kita yang mempunyai riwayat keluarga berpenyakit diabetes. Silahkan dicoba ya tipsnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar